Tuesday, November 13, 2018

Merawat Kebersamaan


Gue lagi ada di tengah perjalanan kereta Jakarta-Jogja pas nulis draft cerita ini. Setelah hampir enam hari mondar-mandir di Jabodetabek raya, akhirnya gue balik lagi ke Jogja. Ngapain kok lama banget di ibukota? 

Gue secara tidak sengaja ikutan sebuah workshop gitu kan (gue bakal jelasin ini lebih lanjut di postingan lain). Niat awalnya cuma tiga hari gitu di Jakarta, sesuai sama jadwal workshop nya. Tapi, berhubung ternyata keluarga di BSD ada acara akikahan, gue jadi extend tuh. Plus gue juga sempetin main ke Depok bentar.

Karena kelamaan di Jakarta, gue jadi melewatkan kumpul Astonniversary sama temen-temen di Jogja dong :’)

Ga masalah. Oke. Agak aneh sebenernya. Dulu gue paling sebel kalo ada kumpul Astonic, terutama Astonjog, dan gue gabisa ikut kumpul. Pernah beberapa kali kayak gitu, dan gue jadi sambat sendiri. Sejujurnya gue paling sedih ketika melewatkan momen bersama orang-orang yang gue sayangi. Secara, Astonjog udah gue anggep sebagai keluarga sendiri, tempat pulang selama di perantauan.

Tapi beda kali ini. Meski gue nggak bisa ikutan kumpul, gue tetep ngompor-ngomporin di grup biar tetep pada kumpul. Kali ini rasanya beda. Kalo dulu gue kesel ngelihat mereka kumpul tanpa gue, sekarangn gue justru seneng melihat temen-temen pada kumpul. Bukan berarti gue nggak pengen kumpul sama mereka. Gue jelas pengen banget berada di tengah-tengah hangatnya kebersamaan malem itu. Mungkin, rasa cinta ini telah ter-upgrade seiring berjalannya waktu. Tidak banyak menuntut, tapi ikut senang melihat mereka bahagia. Ciailah.

Kumpulnya aja di kontrakan gue lho, padahal guenya gaada :')

Btw, sebenernya gue ada rencana mau ikut kumpul sama temen-temen Astonic Jabodetacus di Tebet. Udah wacana-wacana segala. Sayang banget, gue gajadi bisa berangkat karena beberapa hal yang harus dikerjain di BSD. Demi membayar ketidakberangkatan tersebut, gue pun mengkonkritkan niat untuk berangkat ke UI Minggu malemnya. Gue ketemu sama Azzam, Farras, sama Lilis. Meski cuma bentar dan ketemu sedikit anak, tapi gue rasa itu sudah sangat cukup. Akhirnya gue main juga ke region yang selama ini belom pernah gue kunjungin.

Senin siang, pas di perjalanan KRL dari UI menuju Pasar Senen, gue berkontemplasi tentang suatu hal. Gue melihat Azzam yang selama ini selalu mobile lintas region, rajin menjaga silaturahmi dengan main kesana kemari. Tika yang entah mengapa gue rasa doi sangat ramah di chat, nanyain gue ada apa ke Jakarta, nginvite ke grup Jabodetacus, ngajak kumpul (sori tik gue gajadi bisa dateng hehe). Lulu yang sok-sokan nawarin mau bikinin kue tapi wacana wkwk. Farras yang ngajarin main boardgame sampe jam setengah tiga pagi. Dan lain-lain dan lain-lain.

Dari situ, gue sadar betapa pentingnya merawat kebersamaan. Sesekali kumpul atau main bareng. Mengunjungi teman kalo ada kesempatan. Bahkan sesederhana memulai chat dengan ramah pun bisa memberikan dampak yang signifikan dalam menjaga atmosfer silaturahmi. Dan gue ingin mengucapkan terimakasih yang mendalam kepada agen-agen yang senantiasa berusaha merawat kebersamaan di antara kita, dalam hal ini Astonic.

Wkwk tulisan ini nggak jelas arahnya kemana ya. Maaf, emang cuma lagi pengen corat-coret aja hehe.

Anyway, selamat ulang tahun yang keenam Astonic Dralen Relaston (10/11), angkatan kebanggaanku, keluarga kesayanganku, rumah tempat berbagi cerita dan kehangatan. Kesibukan masing-masing anak udah makin beragam ya. Insyaallah udah pada banyak yang mencapai ujung akhir masa perkuliahan juga, bahkan beberapa udah ada yang sidang. Semoga dilancarkan segala urusannya, dapat menjadi bermanfaat bagi sekitar, dan yang terpenting, semoga kita tetap bisa merawat kebersamaan ini sampai akhir nanti :)

2 comments: