Wednesday, September 23, 2015

Idul Adha Terakhir sebelum Menjadi Mahasiswa



Haeeyy... Sekarang gue mau cerita dikit tentang Idul Adha 1435 H di MAN Insan Cendekia Serpong tahun lalu. Sebenernya udah telat banget ya gue baru posting ini sekarang, padahal ini udah mau Idul Adha tahun berikutnya -_- Yah, daripada nggak sama sekali, haha. Bisa dibilang, yang mau gue ceritain ini adalah Idul Adha terakhir gue di IC. Dan kebetulan sekali, ada sesuatu yang lumayan menarik buat diceritain.

Seperti kebanyakan orang sudah ketahui, penetapan jatuhnya hari raya Idul Adha di Indonesia tahun itu mengalami perbedaan lagi. Dua pendapat yang paling banyak diikuti adalah tanggal 4 dan 5 Oktober 2014. Ini adalah pertama kalinya terjadi perbedaan hari raya qurban selama gue di IC. Dan seperti biasa, gue ikut sama ketetapan yang lebih awal, yakni tanggal 4 Oktober.

Sebenernya, IC udah menetapkan buat ikut keputusan pemerintah (5 Oktober). Dan sangat disayangkan, ternyata IC nggak memfasilitasi siswa-siswi yang ingin sholat tanggal 4. IC hanya mengosongkan beberapa jam KBM di pagi hari demi menghormati guru-guru yang sholat tanggal 4. Kemudian, KBM berjalan normal kembali. Meskipun beberapa anak kelas tiga (termasuk gue) udah berdiskusi sama pihak keasramaan tentang ini, tetep aja kita nggak diizinin dan ending-endingnya tetep dipaksa ikut sholat tanggal 5.

Wah, ini nggak bisa dibiarkan begitu aja. Akhirnya, kami “terpaksa” bikin sebuah gerakan gerilya. Gue dan Gantang keliling asrama ikhwan buat ngasih tau sekalian mendata anak-anak yang mau sholat ied duluan. Kita juga minta tolong salah satu anak akhwat buat jarkom di asrama-asrama akhwat. Alhasil, terkumpullah beberapa nama yang bakal join sholat ied tanggal 4 pagi.

4 Oktober 2014
Di saat kebanyakan anak di asrama masih males-malesan menikmati jam kosong pagi ini, beberapa anak malah udah mandi dan bersiap-siap menggunakan baju muslim, sorban, sarung, dll. Sholat ied pagi ini diadakan di halaman belakang GSG. Berhubung sholat ied pagi ini bersifat swadaya (maksudnya diselenggarakan sendiri oleh siswa, tanpa guru), jadi imam dan khotibnya ya dari kita sendiri. Yang menjadi khotib pagi ini adalah Opal, serta imamnya adalah Gantang. Gue nggak bisa menjelaskan betapa syahdunya suasana pagi ini. Udara masih segar, suasana masih sepi, hanya ada kami dan suara burung-burung yang berkicau. Setelah sholat, kami bersalam-salaman sambil melantunkan takbir. Allahuakbar, Allahuakbar, Laa Ilaaha Illallahu Allahuakbar, Allahuakbar Wa Lillahilhamd.. Selamat Hari Raya Idul Adha, semuanyaa...

Habis selesai beres-beres tempat sholat, anak-anak cowoknya pada jalan ke kantin bareng, ngambil sarapan, terus kita semua makan bareng sambil ngobrol-ngobrol di serambi gedung F. Selesai makan, kita balik ke asrama gedung I buat siap-siap sekolah. Setelah itu, hari berjalan seperti biasa. Ohiya, malem harinya, ada kegiatan takbiran. Biasanya, takbiran diadakan di masjid dan gantian per kelas. IPS kebagian giliran yang nyaris terakhir, pas mepet sama sholat subuh.

5 Oktober 2014
Pagi ini, sholat ied diadain di lapangan upacara. Nggak cuma siswa-siswi dan guru-guru, namun ada juga beberapa masyarakat di sekitar IC yang ikut sholat di sini. Hampir semua anak sibuk mempersiapkan diri buat sholat ied, kecuali kita-kita yang kemaren udah sholat duluan. Ya, kita masih bisa bersantai di asrama sambil nunggu yang lain kelar sholat. Pas kita rasa kalo ada tanda-tanda kegiatan sholat ied udah mau selesai, kita pada ganti baju muslim lalu berangkat ke lapangan buat ikut salam-salaman.

Habis salam-salaman di lapangan, semuanya beranjak ke kantin buat sarapan. Gue paling demen kalo sarapan pas Idul Adha kayak gini, menunya tentu lebih spesial dari biasanya. Ketupat opor ayam dengan size ayam yang relatif lebih gede dari biasanya. Haha.

Setelah puas makan, Astonic kumpul di plaza buat “berlebaran bersama angkatan” dan foto angkatan. Dan bisa dibilang, foto-foto yang kali ini emang lain dari biasanya.






Selesai kumpul angkatan, kita buru-buru balik ke asrama buat ganti baju, lalu menuju ke lapangan. Ini nih yang menurut gue paling seru dari Idul Adha di IC. Ya, penyembelihan kurban! Sebelum masuk IC, gue belom pernah ikut-ikutan kegiatan beginian. Pertama kalinya gue terjun langsung dan ikut ngebantu kegiatan penyembelihan kurban ya pas kelas X dulu. Gue jadi keinget juga, pas kelas XI dulu, gue pernah nyembelih kambing. Dan kali ini adalah Idul Adha terakhir gue di IC :’) *hiks* *abaikan*

Salah satu yang gue suka dari kegiatan ini adalah suasana kekeluargaan dan kebersamaannya sesama warga sekolah. Untuk menyelenggarakan kegiatan ini , semua civitas, termasuk siswa-siswi, guru-guru, serta seluruh karyawan saling bahu membahu. Semuanya membaur jadi satu, seakan-akan nggak ada sekat di antara kita. Mungkin kalo pas hari-hari biasa, kadang siswa kurang akrab atau sungkan sama karyawan-karyawan. Di sini, semuanya bekerja bersama, becanda bersama, dan asyik-asyikan bersama.


Daraaahh~



Kegiatan hari ini ditutup dengan makan siang bersama di kantin. Biasanya, makan siang barengnya di GSG. Namun, berhubung saat itu GSG masih digunakan sebagai gudang sementara, makan-makan pun diadakan di kantin. Menu siang ini juga jelas lebih spesial dari biasanya. Haha...

BASTIAN
Satu lagi tradisi Idul Adha di IC adalah bakar-bakar sate bareng tiga angkatan. Acara ini biasanya digelar malem harinya Idul Adha. Meski habis lelah seharian ngurus kurban, biasanya anak-anak menyisihkan sisa semangatnya untuk kegiatan yang satu ini.

Gue nggak tahu gimana ceritanya sebelum gue masuk IC. Namun, menurut sepengetahuan gue, tradisi ini baru dimulai sejak gue kelas X. Niat awalnya juga bukan acara tiga angkatan. Jadi, waktu itu Astonic kan mau bakar-bakar sate seangkatan. Kita udah siapin tuh dagingnya, tusuknya, bumbunya. Kita juga udah bikin alat pembakarnya, meskipun alat ini sebenernya sangat tidak memadai buat mbakar sate -_- Terus, gue lupa gimana cerita detailnya, dua angkatan di atas gue jadi ikut gabung nyate juga. Jadilah acara nyate tiga angkatan yang sangat ndadak dan nggak terprediksi sebelumnya ini. Kami bertiga (angkatan kelas X, XI, dan XII) saling membantu buat nyiapin segala kurangnya malam hari itu juga. Acara diambil alih oleh angkatan kelas XII saat itu, cerita serem gitu-gitu lah. Kegiatan ini bisa dibilang cukup berhasil walaupun dengan persiapan yang sangat minim dan terkesan agak maksa.

Di tahun keduanya, kegiatan ini diambil alih oleh kelas XII. Menurut survei gue kepada beberapa anak, nyate di tahun kedua ini bisa dibilang agak kurang optimal(?). Nungguin satenya lama banget karena alat pembakarnya belom disiapin. Anak-anak yang nggak ikut mbakar-mbakar pada bosen nungguin di GSG, bahkan beberapa balik ke asrama duluan. Terus, ending-endingnya masing-masing anak cuma kebagian sate dikit.

Berangkat dari permasalahan-permasalahan tahun sebelumnya, Astonic bertekad buat bikin acara nyate tiga angkatan menjadi sukses dan berksesan buat semuanya. Persiapan yang dilakuin buat kegiatan tahun ini nggak main-main. Jauh-jauh hari sebelum Idul Adha, ada tim di asrama cowok yang bertugas bikin alat pembakar dengan jumlah yang tidak sedikit. Sore harinya, setelah kegiatan kurban selesai, cewek-cewek Astonic dibantu sama Eisthera ada yang ditugasi buat motong-motong daging kambing dan nusuk-nusukin jadi sate. Alat pembakar juga udah disiapin sejak sore, biar ntar malemnya tinggal pake. Antara maghrib sampe isya, anak-anak Astonic ada yang nyiapin perlengkapan buat acara, kayak ampli, microphone, proyektor, gitar, laptop, dll. Beberapa yang lain rundingan di mesjid, ngomongin tentang enaknya acara malem ini bakal diisi apa aja. Kemudian, tercetuslah nama BASTIAN, alias Bakar Sate Tiga Angkatan.



Acara akan dimulai sehabis sholat isya. Kita juga mengadakan countdown biar anak-anak pada gercep ke belakang GSG. Acara sepenuhnya dipegang oleh Astonic. Proses pembakaran sate diserahkan kepada sebagian cowok Astonic dan Esithera. Sisanya, Axiora dan Esithera yang nggak dapet tugas apa-apa bisa duduk dan menikmati acara. Sebenernya, acaranya lumayan gaje sih -_- Nyetel video-video kelas yang belom sempet dikasih liat ke Axiora, ada beberapa penampilan juga dari Astonic, dan satu hal yang nggak boleh ketinggalan, yaitu cerita serem.









Nggak perlu nunggu lama, sate udah siap dihidangkan buat semuanya. Setiap anak kebagian porsi yang manusiawi. Bahkan, di akhir nanti, satenya masih sisa banyak banget dan yang Astonic bisa pesta kambing di asrama. Bumbunya juga cukup, nggak kurang. Tepat jam sepuluh malem, acara pun rampung dan adik-adik Axiora serta Eisthera dipersilakan untuk balik ke asrama.

Lah, yang Astonic? Ya, kita masih stay di sana buat kumpul angkatan. Setelah selesai beres-beres, kami melingkar jadi satu. Kumpul yang kali ini bener-bener nggak ada beban atau hal serius buat diomongin, murni kumpul angkatan buat asyik-asyikan aja. Kita ngobrol seangkatan, nyanyi bareng, becanda, mengingat-ingat apa aja yang udah kita lakuin selama hampir tiga tahun ini, berandai-andai jika sudah tua nanti bakal gimana, ngemil sisa sate kambing, dan lain-lain. Aih, suasana-suasana kayak gini ini yang bakalan bikin baper di saat kalian udah nggak bersama mereka lagi :’) Jam dua belas, kami semua baru balik ke asrama.

Menurut survei lagi, Bastian ini adalah event nyate tiga angkatan tersukses semasa tiga tahun gue di IC. Dan kalo gue boleh berbangga, pengurus inti dari acara ini adalah angkatan gue, Astonic Dralen Relaston. Gue penasaran, kayak gimana ya event Bastian tahun ini ;)

6 comments: