Friday, March 22, 2019

Mengukir Aksara, Merawat Makna


Aloha!

Kali ini gue mau nulis random aja sih. Gue cuma pengen selebrasi aja, karena akhirnya blog ini perlahan mulai terisi dengan cerita-cerita baru. Yeeyy!

Meletakkan foto secara random dan tidak nyambung dengan isi konten, bcs y not

Yah. Gue akui, gue memang sempet semi-vakum nulis blog dalam jangka waktu yang lumayan panjang. Padahal selama di IC gue lumayan rajin nulis cerita-cerita, mulai dari yang ga penting sampe yang sangat ga penting. Hampir semua kejadian dan memori bersama teman-teman tertuang di blog ini. Dengan segala keterbatasan akses laptop dan internet waktu itu, gue malah semangat buat terus menelurkan kisah-kisah baru.

Alhasil, banyak banget kenangan yang terekam di blog ini. Sekarang kalo pas lagi suntuk, kadang gue buka blog ini dan baca-baca tulisan lama gue. Banyak banget kenangan sejak MTs sampe IC yang terukir di sini. Suka sampe senyum-senyum sendiri kalo ngebaca ulang postingan lama.

Baru-baru ini gue sadari juga. Ternyata gue sempet memberikan inspirasi bagi temen-temen dan orang-orang di luar sana lewat blog ini. Bahkan mereka yang nggak gue kenal. Blog ini nggak cuma terkenal di kalangan anak MAN ICS, tapi dibaca juga sama adek-adek kelas di MTs 2 Kediri. Bahkan konon blog ini sampai viral di MAN IC Gorontalo.

Sayangnya, sejak kelas XII akhir dan menjelang kuliah, gue mulai males nulis lagi. Masuk kuliah, makin males nulis dah tuh. Sangat miris ketika mengetahui bahwa di tahun 2016 hanya ada satu postingan dan di tahun 2017 hanya dua postingan.

Padahal, selama kuliah ini, banyak banget cerita yang bisa dibagikan. Gue menemukan rumah-rumah baru, berkawan dengan banyak teman yang menyenangkan, mengalami banyak hal yang bikin gue belajar, menapaki perjalanan-perjalanan yang mengesankan, dan banyak lainnya.

Yah, mungkin sekarang nggak semua orang masih baca blog. Orang-orang jelas lebih suka update di Instagram dan mulai meninggalkan blogspot model begini. Tapi gapapa. Tujuan utama gue nulis disini bukan biar dibaca orang dan jadi terkenal. Apalagi nyari duit dari sini. Oke, dulu eksistensi memang jadi tujuan utama gue nulis blog. Tapi sekarang, mungkin tujuan itu sudah sedikit bergeser.

Gue nulis karena gue pengen merawat makna. Gue ingin merekam kenangan-kenangan selama kuliah ini untuk bisa dibaca ulang di kemudian hari. Intinya, lebih kepada menulis untuk diri sendiri. Menulis untuk menulis.

Karena itulah, belakangan ini gue mulai nulis lagi. Perlahan, satu per satu memori coba gue gali lagi. Kemudian coba gue tuangkan dalam kata-kata, aksara demi aksara. Meski nggak semuanya bisa terdeskripsikan dengan sempurna, tapi gue lega banget. Gue puas, karena akhirnya blog ini terisi lagi. Mungkin bisa dibilang ini semacam Raka Bercerita: Reborn.

Wkwk apasi gaje.

Oiya. Gue baru nyadar juga kalo ternyata ada beberapa follower baru di tengah-tengah masa vakum kemaren. Entah apakah di antara kalian ada yang beneran ngebaca atau ngga, but I’m glad to know that you’re here. Oh, dan hai juga, buat semua pembaca yang sempat mampir kemari. Selamat datang di Raka Bercerita!

No comments:

Post a Comment