Wednesday, January 11, 2012

Kembali Menulis


Hello, all! Kenalin, nama gue M. ramdayanu Muzakki. Gue biasa dipanggil Raka. Aneh ya? Memang nggak ada unsur “Raka” dalam nama lengkap gue. Kalau emang pengen protes, protes aja sana ke bapak gue.
Buat orang-orang yang udah kenal  gue, kalian pasti tahu kalau cita-cita gue adalah penulis. Akan tetapi, ada beberapa kendala yang bikin gue jadi males nulis belakangan ini. Gue adalah anak yang tinggal di boarding school. So, jarang banget ada waktu kosong buat nulis. Lagian di rumah Cuma ada satu desktop dan satu laptop, dan itu diperebutkan oleh adek, bapak, dan gue.
Nah, diakhir liburan ini, gue mau coba kembali nulis, tapi dengan gaya yang beda. Kalau biasanya di bejoworld.blogspot.com gue nulis artikel-artikel yang bermanfaat tapi dengan bahasa yang santai, kali ini gue mau coba menceritakan kisah-kisah gue, kegalauan gue, dan kesengsaraan gue sebagai anak kere. Jujur aja, gue sendiri belom biasa pake kata-kata ‘gue’ dalam penulisan. Biasanya gue pake ‘saya’ atau ‘aku’. Berhubung di sini gue pengen tampil BEDA, jadilah kata ‘gue’ terpakai.
Mau cerita dikit nih. Tadi siang gue baru aja dapat pencerahan untuk kembali menulis dari seseorang yang sangat saya kagumi, Raditya Dika. Lo kagak tau siapa Raditya Dika itu??? NDESO... Yang jelas dia itu penulis yang super kocak, terkenal banget, dan udah ngasih gue banyak inspirasi. Gue ngefans banget sama dia.
Yap, kurang lebih jam 11 siang tadi, Raditya Dika (gue panggilnya Bang Radith) dateng ke Kediri buat ngisi sebuah acara talkshow. Tepatnya di kampus milik STAIN Kediri. WOW! Ada artis dateng ke Kediri sodara-sodara! Berhubung Kediri adalah lingkungan daerah, beda kayak Jakarta atau Bandung, ini adalah hal yang lumayan jarang. Wah, ini harus gue manfaatin!
Jujur aja sih, gue nggak pernah ngoyo untuk hal-hal yang kayak gini. Gue nggak pernah dateng ke konsernya Nidji, Peterpan, atau Wali. Walaupun itu diselenggarakan di Kediri dan cuma sekali-kalinya aja. TAPI INI BANG RADITH COYYY... Gue ngefans mati-matian sama dia! Kali ini gue bener-bener ngoyo.
Mumpung liburan, gue menyempatkan diri bareng temen-temen buat ikutan nih talkshow. Siapa tau bisa dapet ilmu, pencerahan, atau semacamnya gitu lah. Akhirnya gue berangkat ke STAIN Kediri setelah sarapan pake bubur ayam. Berhubung tadi bangunnya kesiangan, jadilah gue telat sekarang. 2 temen gue udah nungguin di sana. Mereka bilang ke gue, kalau ternyata Bang Radith keluarnya masih lama. Yah, nyesel deh, tadi udah terlanjur buru-buru. Terpaksa kita dengerin lagu-lagunya band-band indie lokal bergaya emo dan nggak tahu kenapa, gue nggak suka gaya mereka nyanyi.
Saat-saat yang gue tunggu pun dateng. Bang Radith naik ke panggung! Udah langsung kelihatan aura lucu dan bego dari dia. Orang-orang pada teriak dan tepuk tangan. Gue mikir, Bang Radith naik panggung aja udah seheboh ini. Gimana kalau gue, ya? Udah ah, gak penting.
Gue duduk di karpet depan bangku penonton. Gue nggak mau duduk di kursi, karena gue mau dapet tempat yang paling depan. Resikonya gue harus rela panas-panasan dan kulit hitam gue makin gosong. Memang bangku penonton ada peneduhnya sedangkan karpet di depannya nggak. Mungkin tempat itu memang disediakan bagi para gembel atau semacamnya.
Gue puas banget bisa ngelihat Bang Radith ngelawak secara langsung sedeket ini. Ada satu hal yang bikin gue kurang puas. Pas sesi tanya jawab, gue pengen banget ditunjuk buat nanya. Karena dengan begitu, gue bisa sepanggung sama Bang Radith. Sialnya, gue nggak kebagian ditujuk. Padahal sudah terlanjur bergaya bego dan menggonggong kayak anjing. Tetep aja nggak diperhatiin.
Sial sial sial. Tapi nggak apa-apa sih.
Di antara banyak pertanyaan yang nggak penting, ada sebuah pertanyaan bermutu menurut gue. Bunyinya kayak gini, ‘Gimana sih, caranya nulis novel yang bener itu?’ Bang Radith tentu menjelaskan jawabannya, dan ada sepatah kata yang melekat di otak gue. ‘Jangan menulis karena ingin kaya, tapi menulislah karena ingin menuangkan isi pikiran dan hati kita.’
Nah, kata-kata itu sudah berhasil memengaruhi gue untuk kembali menulis. Dan kali ini gue akan menuangkan seluruh isi perasaan gue. Thanks, Bang Radith. Sampeyan sudah mengembalikan tekad saya kembali untuk menulis.

1 comment:

  1. bangkeee, kangen gue rak sama lu, kapan balik lagi ke kediri :v

    ReplyDelete