Thursday, July 24, 2014

RSC - Ramadhan Student Camp



Banyak dari temen-temen di MAN IC yang heran ketika gue membicarakan tentang temen-temen SD gue. Apalagi kalo gue “pamer” tentang Ramadhan Student Camp (RSC), acara alumni yang diadakan setiap tahunnya. Kalo gue simpulkan, kira-kira kebanyakan ngomong kayak gini, “Lo masih inget aja Rak sama SD lo? Gue aja udah lupa.” Oleh karena itu, gue pengen berkata dengan bangga (ngga sombong ya), “Ini beda bro. Ini Alumni SD Plus Rahmat Kediri!”

Menjadi panitia RSC tahun ini adalah salah satu kesibukan gue selama liburan yang super panjang ini. RSC alias Ramadhan Student Camp adalah acara tahunan punya alumni SD Pluas Rahmat yang tentu saja diadakan saat bulan Ramadhan. Tujannya tentu saja untuk mengisi waktu pas liburan di bulan puasa, temu kangen dan reunian sama temen-temen, kenalan sama semua angkatan, serta kembali mengingatkan nilai-nilai islam khususnya buat alumni yang lanjut ke sekolah umum.

Tahun ini, panitianya adalah angkatan gue, angkatan ketiga. Yah, berhubung sekolah gue jauh di Serpong sana, gue nggak bisa banyak membantu selama proses perencanaan. Kalo gak salah gue cuma ikut rapat dua kali, itu pun yang udah deket-deket sama acaranya. Karena itu, gue all out pas selama hari H-nya. Ceritanya sih gue cuma jadi PU (pembantu umum), yang gue ubah namanya jadi agak keren, eksekutor. Mottonya adalah “siap membantu semua seksi yang butuh bantuan”. Gara-gara itu, gue jadi malah bantu sana-sini, ikut ambil konsumsi, ikut nyetak souvenir, beli hadiah, berkoar-koar sweeping peserta buat dateng ke aula, dan malah meng-handle banyak kegiatan acara, dll. Setelah selama ini gue cuma jadi peserta yang aktif, gue pun menyadari satu hal. Ternyata, menjadi panitia RSC jauh lebih menyenangkan. Hahaha...

Awalnya gue nggak terbiasa sama sistem kepanitiaan di sini. Rasanya kok beda jauh sama yang di IC ya. Gue harus beradaptasi dulu sama kepanitiaannya SMA-SMA di Kediri (jelas, kebanyakan temen gue sekolah di Kediri). Eng, sebenernya kurang lebih sama aja sih. Tapi rasanya itu loh yang beda. Oke, ini nggak penting -_- Yang jelas, gue sangat menikmati jadi panitia RSC tahun ini!

Yok, gue ceritain semuanya dari awal sampe akhir :3

Acara baru akan dibuka habis ashar, pada hari Senin, 23 Juli 2014. Tapi, gue dan beberapa temen udah dateng sekitar jam 10-an pagi buat siap-siap. Yah, walaupun angkatan gue yang jadi panitia, nggak semuanya bisa dateng meramaikan acara ini. Dari total 50 anak seangkatan, paling-paling yang dateng cuma 20-an. Itu pun juga nggak full selama acara dateng, pada dateng-balik-dateng-balik gitu lah. Wajar sih, udah pada punya kesibukan masing-masing. Kalo diitung, yang bener-bener dateng full selama tiga hari dua malem ya cuma 10-an anak. Termasuk gue B)

Sorenya, ya pembukaan acara seperti biasa sih. Sambutan-sambutan gitu dari ketua panitia, Aura, sama pembimbing, Ustadz Zaenal. Habis itu takjil, sholat maghrib, buka puasa, langsung lanjut sholat isya dan tarawih berjamaah di Masjid Rahmat. Malemnya baru mulai acara yang agak seru. Pembagian kelompok, dan main game! Acara kali ini gue yang pegang, dan para peserta gue ajak maen “Siap, Tembak, Cklik, Dor!” Terus, kelompok yang kalah disuruh mimpin joget chicken dance. Anak IC pasti pada tau game-game ini ;)

Besok paginya, di jadwal sih harusnya ada acara olahraga senam bareng. Tapi, berhubung panitianya ada rapat mendadak, acara pun kosong sampe agak siang. Anak-anak pada maen bola, ato sekadar ngobrol sama temennya. Habis itu, ada acara yang diisi oleh anak-anak Al-Izzah Malang. Kayaknya sih seru, soalnya dari luar aula kedengeran anak-anak pada ketawa-tawa dan tepuk tangan. Sayang gue nggak ikut acara ini, ada hal lain yang harus diurus.

Nah, berhubung acara dari anak-anak Al-Izzah ini selesainya molor, satu acara lagi di-cancel, yakni review film oleh kakak alumni angkatan satu yang udah kuliah. Sayang banget yah -_- Terus, habis dhuhur, ada kegiatan diisi dengan materi dari Ustadz Suryana di masjid. Gue malah nonton film sama beberapa anak panitia di aula. Haha.. Habis ashar ada materi tentang mengenal diri sendiri dan motivasi dari Ustadzah Ika dan Ustadzah Pipit. Habis itu, ya buka puasa!

Ini nih yang seru juga... Habis tarawih, ada pentas seni (pensi) per angkatan di lapangan.  Padahal dari awal udah dikasih tau suruh bikin penampilan buat pensi. Tapi.....kok kayaknya malah pada bikin yel-yel yah? Haha... Pemenangnya adalah angkatan 6 putra dan angkatan 7 putri. Berhubung masih ada banyak waktu sampe jam 10 malem, kita malah gaje-gajean, lomba nge-gombal, gue stand up comedy yang “gagal” abis, dan akhirnya malam ini ditutup dengan sebuah game yang disebut “Manusia di Atas Koran”.

Ini baru yang paling seru (menurut gue)! Tengah malem, kita bikin acara jurit malam. Semua panitia bagi-bagi tugas jaga pos, ngebangunin, dan ngawasin. Gue dapet tugas jagain pos 1 bareng Mas Rigan. Semua lampu di area sekolah dimatikan, dan tentu saja gelap banget jadinya. Mulai jam 12 malem, semua peserta dibangunkan secara bertahap, lalu disuruh keliling gedung sekolah sesuai rute yang udah ditentukan, dengan finish-nya lapangan. Mereka (satu kloter sekitar 8-10 orang) dibekali sebuah lilin untuk dijaga agar tetap menyala selama perjalanan. Sayang sekali, gak ada satu pun kelompok yang sanggup memenuhi quest ini. Nah, pas semua peserta udah sampe lapangan, dilanjutkan dengan acara mengenang Ustadz Firhan, guru hebat kami yang meninggal dunia setahun lalu, tepat sehari setelah RSC 2013 berakhir. Katanya sih sampe ada yang nangis. Ya suasana kali itu emang pas banget.

Acara langsung dilanjutkan dengan sahur bareng dan sholat subuh. Habis subuh, semuanya pada tepar -_- Gue ketiduran di masjid sampe jam setengah 9. Gue nggak tau apa yag terjadi selama gue tidur, tapi kayaknya nggak ada apa-apa deh. Semua panitia pada tepar juga, kecuali beberapa anak yang pulang ke rumah karena ada kesibukan di rumah atau kegiatan organisasi di SMA-nya. Di hari terakhir ini, angkatan gue yang tersisa pun tinggal 4 anak: gue, Aura, Upik, dan Farid. Bersama kakak kelas angkatan 1 dan 2 yang tersisa, kami berusaha mati-matian (lebay -_-) untuk menyelesaikan acara ini.

Sekitar jam 9-an, kegiatan diisi oleh Ustadzah Lucy tentang refleksi diri. Lagi-lagi gue nggak ikut karena harus nyiapin closing dengan tenaga yang tersisa ini. Ya, acara pun langsung dilanjutkan dengan penutupan, pembagian hadiah, dan pembagian souvenir. Yeay, dengan ini RSC pun udah kelar saat sebelum dhuhur. Tapi gue nggak langsung pulang ._. Gue masih nemenin Upik sang bendahara (yang merangkap kerja juga sebagai sekretaris, katanya) yang lagi bikin laporan keuangan yang ribetnya setengah hidup. Mana Aura sang ketua panitia tiba-tiba menghilang lagi -_-

Souvenir RSC tahun ini : notebook, stiker, dan pin

Gue pun sampe di rumah sekitar jam 1 siang, dan langsung tergeletak tak berdaya sampe jam setengah 6, menjelang maghrib. Bayangin, selama tiga hari kemaren, gue cuma tidur sekitar 5 jam! Malam pertama, gue tidur sejam. Besok siangnya gue tidur setengah jam sebelum dhuhur. Malam kedua gue cuma tidur 20 menit, karena siap-siap buat jurit malam. Besoknya, habis subuh, gue ketiduran di masjid sekitar 3 jam. Wew ._.

Ekhem... Oke, makasih buat semua pihak yang udah membantu kesuksesan acara ini, seluruh panitia, kakak-kakak angkatan satu dan dua yang bahkan udah gue anggep temen sendiri, ustadz ustadzah yang selalu ada menemani kami, yayasan yang udah ngirim buah-buahan dan jajan-jajanan, anak-anak Al-Izzah yang gak tau kenapa kok tiba-tiba mau dateng bahkan ngisi kegiatan, dan semua peserta tentunya yang udah ikut meramaikan acara ini. Makasih juga buat tiga hari ini, kawan-kawan.. Seneng banget bisa kerja bareng, bingung bareng, begadang bareng, capek bareng, dan ketawa bareng lagi sama kalian semua :D

No comments:

Post a Comment