Monday, July 7, 2014

This Two Years -- Experiences



7 Juli. Hmm... Tepat dua tahun yang lalu, di tanggal dan bulan yang sama, untuk pertama kalinya gua menginjakkan kaki di ranah MAN Insan Cendekia Serpong sebagai siswa. Bukan untuk studi banding, apalagi studi tour. Ya, sebagai siswa. 

Dua tahun bukanlah waktu yang singkat, namun entah mengapa bisa terasa sangat singkat. Pas pertama kali nyadar akan hal ini gara-gara hastag #2tahundiIC di twitter, gua sedikit kaget. Hah, udah dua tahun aja? Perasaan baru kemaren gua dateng ke kampus IC, gak tau apa-apa dan gak kenal siapa-siapa. Sekarang? Wuih, banyak hal udah gua pelajari, bersama orang-orang yang baru aja gua kenal dalam dua tahun ke belakang ini.

Dalam posting kali ini, gua mau nyeritain tentang pengalaman-pengalaman yang udah gua dapet di IC, khususnya dalam organisasi dan kepanitiaan acara. Kebetulan banget, gua selalu nyatet di diary kalo gua jadi panitia sebuah acara, hehe. Yah, tentu dua hal itu hanya bisa menggambarkan sedikit sekali pengalaman-pengalaman yang udah gua peroleh selama di IC. Tapi paling nggak, sedikit mewakili lebih baik daripada nggak sama sekali. Hehe (apa dah -_-).

FYI, beberapa kepanitiaan di sini ada yang jadi nominasi di RAwa -duaribuempatbelas- sebagai "Kepanitiaan Ter-Kenang" looh...

Kepanitiaan acara OSIS :

Kelas X, waktunya "see, understand, and just do it!"

Pengawas GAKIC 2012-2013
Sebagai MPS, gua kebagian jatah jadi pengawas acara GAKIC, acara gelar tanding antar kelas Insan Cendekia yang dipenuhi jadwal-jadwal pertandingan olahraga. Acara terlama yang durasinya bisa mencapai tiga sampai empat bulan. Saking banyaknya yang kudu dilaporin, gua sampe beli buku tulis khusus buat laporan pengawasan GAKIC. Gua jadi pengawas GAKIC ini bareng sama Kak Uqi dan Shaffa.

Sie. Lomba JOTS Sonic Linguistic 2013 (World Reconciliation)
(mendingan baca aja coret-coretan tentang Sonlis 2013, klik di sini)

Sie. PLKP iCare 2013
Nah, selama jadi plkp iCare ini, gua merasa nggak terlalu banyak bekerja (maafin gua kakak koor., Kurniawan Adi ._.). Bahkan gua nggak ikut nginep, padahal harusnya semua anak plkp nginep di venue acara puncak semalem sebelum acaranya. Dan pas hari-H, gua malah bantin seksi distribusi buat berkoar-koar dan membantu merapikan antrian pengambilan sembako.
 
Koor. Sie. Hadiah BINGO (Karnaval)
Kali ini gua ngurusin award-award buat kakak kelas XII-nya, serta nentuin hadiahnya. Selain itu, seksi ini juga menentukan souvenir yang bakal dibagiin ke seluruh Astonic dan Foranza. Akhirnya, jadilah sebuah bantal yang unyu maksimal berwarna kuning dengan bordiran lambang BINGO di atasnya. Ohya, yang ini kalo ngumpul ada namanya, MARMUT HITAM! (Ng, sebenrnya gua juga gak tau ini kepanjangan ato artinya apaan -_-) Dan kali ini gua berpartner dengan Qisti sebagi koordinator ceweknya.

Sie. Hadiah Maulid
Pas jadi panitia ini, gua yang ngusulin buat ada hadiah penunjuk-buat baca Quran yang dibuat dari sapu lidi. Gak jelas banget ya? Sampe kasian koor.nya, si Anggia. Haha...

Sie. Acara Legionnaire 2013 (Hidden Legacy)
Ini nih kepanitiaan paling greget yang pernah gua ikuti! Dengan segudang masalah yang malah jadi tantangan buat (khususnya anak acara) untuk menyelesaikannya. Pas opening ceremony-nya aja udah greget, yakni mengambil alih acara Kartini's Day di bagian akhir-akhirnya dengan adegan penculikan Sang Kartini, lalu perkenalan Legionnaire itu sendiri. 
Pas closing-nya apalagi... Rundown acara yang udah dipepet-pepet biar selesai jam 10 malem, mendadak harus diringkes lagi biar selesai jam 9.15. Bayangin vroh, acara OSIS di sebuah malem minggu harus selesai jam 9.15??!?! It's like impossible! Apalgi tiba-tiba koor.nya menghilang entah ke mana -_- Setelah perdebatan dan diskusi yang panjang namun singkat, akhirnya rundown baru pun kami susun. Jadilah ACARA SELESAI TEPAT PUKUL 9.13 MALEM..!!! Sebuah prestasi laah...

Koor. Sie. Dekorasi IC Award 8 (Avatar : The Legend Of Ikbar)
Yang ini juga lumayan greget nih. Awalnya gua sangat kaget ketika seorang Akhmad Ikbar, sang ketua acara nawarin gua jadi koor dekor. Gua yang nggak pernah kelihatan skill-nya di bidang gambar-menggambar dan gunting-menggunting ini malah disuruh jadi koor dekor. Dan beliau(?) berkata, "Gua nggak butuh orang yang ahli ngedekor, Rak. Yang penting bisa ngatur orang aja." Entah mengapa saat itu gua merasa sangat dihargai :')
Awalnya sih biasa-biasa aja, ngumpul-ngumpul, ngediskusiin bareng yang laen sambil bagi-bagi tugas. Sampai tiba menjelang sebelum acara. Gua sakit demam habis stukol *jedderrrrr* dengan keadaan dekor belum ngerjain apa-apa. Akhirnya gua tetep bantu-bantu dikit, tapi lebih banyak ngawasin kerjanya anak-anak (yang cowok) di living. Ya, kala itu beberapa kali gua tidur siang di living, nemenin yang laennya kerja.
Pas hari-H, mau gak mau gua harus terjun ke GSG (dengan keadaan masih demam, udah agak baikan tapi) dan ngawasin kerja temen-temen dekor lainnya. Rasanya tentu saja, tambah capek -____- Tapi puas banget rasanya pas ngelihat GSG udah rapih dengan dekorasi yang terpasang. Suasananya emang sengaja dibuat kayak karnaval-karnaval di Negara Api. Ada banyak lampion tergantung di langit-langit GSG, mimbar tempat bacain award.nya dihias kayak kapal Negara Api, de el el.
Pas malem acaranya, ada satu hal yang bikin IC Award ke-8 ini mungkin diingat selama-lamanya. Pas Ikbar turun dari panggung habis ngasih sambutan, gapura yang terletak di jalan meuju panggung jatoh! Sedikit mengenai gundulnya Ikbar, dan lebih lanjut memecahkan seluruh lampu yang terpasang di jalan tersebut. Okey, barang-barang itu adalah tanggung jawab seksi dekor -_-


Sie. Tutor Jungle (Tour Ahad II 2013)
Dalam acara ini, gua jadi tutor buat anak-anak kecil selama bermain games-games di acara Tour Ahad. Apesnya, gua bareng Azzam kebagian ngurusin anak-anak yang bandel-bandel -_- dan selalu kalah dalam setiap permainan -____________-" Jadilah muka gua dan Azzam belepotan bermacam-macam hal (mulai telor, krim, tepung, sampe lumpur) karena jika suatu kelompok kalah, maka yang dihukum adalah tutornya. Yah, tapi jadi panitia ini lumayan buat ngilangin stress sih sebenernya. Hehe.

Sie. Acara Intern I-Fun 1434 H (Islamic Youth)
Dengan menyingkat secara paksa, seksi ini punya nama ngumpul INSULIN. Di bawah naungan para koor., Giffari dan Debby, selama kurang lebih tiga minggu I-Fun, seksi ini mengurusi keseharian kehidupan berpuasa di IC. Mulai dari lomba bangunin sahur, lomba broadcasting islami, lomba tausiyah, lomba bikin ta'jil, lomba cerdas cermat, ngatur jadwal tiap hari, dll. Gua sendiri kebagian ngurusin lomba tausiyah dan tausiyah ba'da tarawih oleh guru. OC-CC I-Fun (yang internal tentunya) juga kita yang ngurusin. Yang seru itu pas bikin video, kocak-kocak hasilnya. Haha...
Ada sedikit kenangan yang gua inget, yakni pas suatu sore kita ngumpul karena suatu hal, dan ujung-ujungnya malah nangis bareng (sebenernya cuma dua ato tiga orang doang sih yang nangis). Dan itu rasanya sesuatu banget.
Sebenernya eksekusi jadi panitia ini adalah pas kelas XI. Namun, berhubung pembentukan panitia udah dilakukan jauh-jauh hari sejak kita kelas X, ya jadi gua masukin ke kepanitiaan pas kelas X.

Sie. P3K PTS Al-Furqon (angkatan 19)
Sama kaya insulin, eksekusi jadi panitia ini juga pas kelas XI, lebih tepatnya pas nyambut adek-adek kelas X dalam PTS (Pekan Ta'aruf Siswa). Gua yang bukan anak PMR agak kaget ketika ditawarin jadi P3K sama Kak Mila. Tapi, ya gua terima aja. Kali ini gua harus berhadapan dengan anak-anak yang sakit (ato pura-pura sakit ya? :p) gara-gara teler sama yang namanya PTS. Yang lumayan seru itu pas longmarch. Gua kebagian mendampingi salah satu kelompok dari awal sampe akhir rute perjalanan. Ya, seru aja gitu ngeliat mereka maen games.

Yak, kita menginjak pada kepanitiaan yang gue ikuti pas kelas XI...


Sie. Acara Acasana 2013 (Magic)
Yuhuu... Di acara pertama aja gua udah jadi panitia. Hehe.. Ocit sang koordinator yang milih gua buat jadi bawahannya. Ini pertama kalinya gua satu kepanitiaan acara bareng Topek, bahkan sampai sekarang masih menjadi yang satu-satunya (oke, ga terlalu penting emang ._.). Dari total tiga lomba (video mantra, U 'n I alias semacam Q 'n S gitu, dan akrobat), gua jadi penanggung jawab (PJ) lomba akrobat. Dan sekali lagi, apa yang jadi tanggung jawab gua menghasilkan perpecahan kaca(?). Kan kelas pemenang akrobat tampil pas closing ceremony, dan si aktor utamanya loncat-loncat sampe kena meja kaja dan PRANG! Semua orang histeris seketika. Gua mau nagis.

Sie. PLKP GAKIC 2013-2014
Yahh... Kerjaan plkp ya gitu-gitu aja. Angkat-angkat, mindah-mindah barang. Tapi, ada kerjaan ekstra seksi plkp di acara terlama ini. Bersama seksi lomba basket, bersama kami mengeringkan lapangan basket kalo ujan... Yeay! -___- Kali ini gua langsung jadi bawahannya sang master plkp angkatan, yang juga sebagai pendiri AMPLAS (Academy PLKP Astonic), Muhammad Aunal Muthi..!!!

Sie. Konsumsi Civitas Day 2013 (Superhero)
Salah satu doa gua buat jadi seksi konsumsi pun terkabul dalam acara yang memperingati hari guru ini. Enak ya, ternyata. Bisa ngadem di ruang fitness dikelilingi bau makanan. Haha. Terima kasih buat Annisa NPS yang udah narik gua jadi anak konsum.

Sie. MM-Dokum Muzdalifah (Mabit I) 1435 H
Walaupun namanya seksi MM-Dokum, tapi gua kebagian kerjaan dokumentasi doang. Ya iyalah, orang gua nggak bisa apa-apa dengan segala urusan multimedia itu. Tapi, paling nggak gara-gara acara ini gua jadi pernah menyandang panitia multimedia B) Hoho...

Koor. Sie. Hadiah IC Award 9 (Jumanji)
Sebelum pembentukan panitianya aja, gua udah ngarep pengen jadi panitia acara ini. Apa pun itu. Selain karena sahabat gua yang jadi ketua acaranya, rasanya ada sebuah kenangan yang "memanggil" gua buat jadi panitia lagi di IC Award. Dan pada suatu hari, Topik sang ketua acara nawarin gua buat jadi koor hadiah di acaranya. Nah, gua terima tawaran itu, dan gua jadikan hadiah award di IC Award 9 ini adalah berupa binder dengan cover yang eksklusif...

Bendahara Harmonika 2014
Sekali lagi gua dikagetkan dengan sebuah tawaran kepanitiaan. Bendahara? Gua aja selalu panik kalo liat duit gede, apalagi kalo megang dan ngaturnya. Tapi, Kukun sang ketua acara bilang gini pas gua nyaris nolak, "Gua butuh orang yang asik, Rak. Masalah duit-duit itu, ntar kita urusin bareng-bareng laah." Gua jadi nggak bisa nolak. Selain karena Kukun "nyogok" pake Kitkat, kali ini gua kembali merasa sangat dihargai.
Dan akhirnya, itulah yang terjadi. Gua nggak menjalankan tugas dengan baik, kecuali meramaikan suasana ngumpul. Proposal yang bikin sekretaris, dan buat LK gua nyuruh Farras si bendahara II. Maaf banget ya, Kun ._.

Koor. Sie. Lomba JOTS Sonic Linguistic 2014 (Ancient Valor)
(mendingan baca aja cerita tentang betapa kerennya Sonlis 2014, klik di sini)

Sie. Beasiswa iCare 2014
(mending tungguin posting tentang iCare 2014 aja ;)

Sie. Acara PTS An-Naml (angkatan 20)
Ini... Ini masih dalam proses. Gak banyak yang bisa gua ceritain sekarang, kecuali anak-anak anggotanya yang pada asik-asik semua. Apalagi koor.nya orang-orang hebat semacam Azzam dan Nahla.

Dari semua jenis kepanitiaan di IC, gua cuma belom pernah nyobain tiga macem : Humas, Publikasi, dan Bazaar. Wew, gua merasa sangat fleksibel sekarang(?). Hahaha

No comments:

Post a Comment