Monday, April 14, 2014

Malam Pelantikan Paskib

Posting ini sebenernya udah gue tulis sejak jaman dahulu kala. Tapi nggak tau kenapa, gue lupa kalo pernah nulis ini. Barusan, gue nemu tulisannya dan langsung aja sekarang gue post. Ini semua tentang pelantikan paskibra di IC.

Sebenernya udah niat buat ngga modus sih. Udah sengaja milih pos jaga di lapangan bola yang ngga ada ceweknya. Cuma ada Ikbar sama Novri. Eh, ternyata gue malah dipindah ke pos empat dan gue jadi satu-satunya cowok di sana. Ya, ada gue, Firza, sama Kak Farika, tambah Selvi sebagai dokum dan Tamara sebagai PMR.

Tugas gue sebagai tempat lapor masuk-keluar pos dan ngasih instruksi tentang apa yang harus dikerjakan di pos ini. Dan inilah instruksi yang gue ucapin belasan kali sampe bosen :

“Selamat datang di pos 4. Tugasmu di sini adalah mencari dua lembar kertas di sana. Kertas pertama adalah kertas HVS. Kamu nggak boleh nyentuh kertas itu, tapi harus paham dan hafal apa isinya. Kertas kedua adalah kertas seukuran buku tulis. Yang ini boleh kamu ambil, tapi harus kamu balikin lagi ke tempatnya semula. Di dalamnya ada lima kalimat, kamu harus hafal dan paham salah satunya. Kakak kasih kamu waktu satu menit buat nyari dan ngehafalinnya, tapi kakak nggak akan ngasih tau kapan waktunya habis. Kamu perkirakan sendiri dan gunakan waktu sebaik mungkin. Kakak bekali kamu sama senter ini. Waktu satu menit dimulai dari, sekarang!”

(Wow, ternyata kata-kata yang gue kasih ke mereka panjang juga ya.. Gue baru sadar habis ngetik ini -_-)


Selanjutnya Firza yang ngurus. Gue nggak terlalu tahu apa “perlakuan” selanjutnya ke adek kelas. Intinya, mereka dimarah-marahin, disuruh push-up, ngehafalin motto paskibra dan salah satu dari lima kata-kata mutiara. Habis selesai itu, mereka lapor lagi ke gue, terus lanjut ke pos selanjutnya.

Mungkin pas awal-awal gue ngerasa kalo gue terlalu baik. Tapi, habis ngelihat Firza marah-marah ke adek kelas, gue jadi nyoba meninggikan suara ‘ndikit-dikit ngerjain mereka. Dan ternyata makin lama gue makin ketagihan, bahkan makin menjadi-jadi. Tapi katanya gue masih kurang garang. Firza sendiri pas ngasih materi sampe nyuruh-nyuruh adek kelas push-up. Lha Kak Farika? Dia mondar-mandir dari pos 4 ke pos 5. Ngasih-ngasih kode gitu lah.

Pelantikan paskib di IC mungkin nggak seseru di sekolah lain. Kata temen-temen gue, pelantikan di SMP mereka dulu jauh lebih menantang, lebih kejam, dll. Tapi tetep aja, ini pengalaman pertama gue. Yang tahun lalu jadi peserta, tahun ini gue jadi panitia. Gue lumayan puas bisa bentak-bentak adek kelas walau katanya nggak garang sama sekali. Gue seneng bisa begadang, ngga tidur semaleman buat acara ini, ikut ngerencanain acara ini, muter-muter matiin lampu, dan yah, kontribusi gue cuma dikit di acara ini. Tapi, gue ngerasa total.


Salut buat divisi PPBN yang udah mengonsep acara dengan sebaik-baiknya, ngurus perizinan, dll. Juga buat anak paskib kelas XI dan XII yang udah total jadi panitia dengan semangat ngerjain adek-adek kelasnya. Tak lupa paskibra baru dari kelas X yang mau aja dikerjain sama kakak-kakak kelasnya. Haha.

Para generasi baru

No comments:

Post a Comment