Wednesday, December 24, 2014

Berpamitan, Saling Mendoakan, lalu Berpisah

-22-12-14-

Alhamdulillah, beberapa jam yang lalu gue baru aja sampe di rumah dengan keadaan selamat sentosa. Gue buru-buru mandi, sholat, trus langsung mengunjungi dunia gue selama liburan. Apalagi kalo bukan dunia maya. Unik, ada beberapa anak IC yang curhat mengenai pengalaman seru perjalanan balik mereka ke rumah. Ada yang jalan-jalan, maen ke rumah temen dulu. Ada yang pertama kali ke Gambir, lalu merasa bangga naik tangga sambil bawa koper sendiri. Ada yang diusir dan diturunkan paksa dari kereta gara-gara salah tiket. Mungkin ada beberapa lainnya yang belom gue ketahui.

HAEY, gue juga punya cerita vroooh...!!! Cerita yang awalnya bikin gue emosi, panik, merasa bego, dll. Cerita yang setelah dipikir-pikir, ini adalah pengalaman berharga dan nggak bakal bisa dilupain.

Ini semua tentang kisah pertama kalinya (dan semoga yang terakhir kalinya) gue ketinggalan kereta. Ya, KETINGGALAN KERETA. Situasi di mana lo baru aja siap buat naik kereta, tapi lo malah ngelihat kereta itu jalan pelan, makin kenceng, kemudian kenceng banget sampe nggak kekejar. That’s it!

Gue ceritain dari awal...

Libur semester, aaahh *menghela nafas*...Waktu yang sudah dinantikan sejak kurang-lebih enam bulan yang lalu. Ini adalah saat yang berbahagia bagi siswa-siswi MAN Insan Cendekia Serpong. Di mana mereka bisa bebas berkegiatan di luar asrama, pulang ke rumah masing-masing. Berpisah sementara dengan teman-teman seperjuangan di IC. Berpamitan, saling mendoakan, lalu berpisah. Kebanyakan anak pasti udah nyusun agenda liburan masing-masing, mulai dari jalan-jalan bareng keluarga, temen, atau mungkin di rumah saja, ngerjain PR atau males-malesan.

Janji Nano-Nano buat ngumpul di rumah Amany pun terwujud saat libur kali ini. Kami semua menunda jadwal pulang kami demi menginap semalam di rumahnya (kecuali Tyas yang harus keluar kota hari itu juga, sama Hamdan yang udah terlanjur beli tiket). Ceritanya malem mingguan gitu. Jadilah kami bersembilan, gue, Hikam, Apep, Febri, Nagita, Fape, Dea, Uqi, dan sang tuan rumah, Amany, berkegiatan semi-gaje semaleman. Baca novel, komik, nonton film, maen ping pong, makan, tidur, ngobrol, foto-foto, video call sama Gilang 'n Tyas, dll. Yang paling berkesan selama di rumah Amany adalah pas nonton Teletubbies. Bahkan nontonnya sampe diulang tiga kali! *oke, ini gaje*

Teletubbies, bukan omong kosong

Besoknya, menjelang siang, kita jalan-jalan ke Mall Bintaro Xchange. Perjalanan ke sana ditempuh naik KRL dari stasiun Serpong menuju Jurang Mangu. Dan di sana (BXc), kita cuma numpang sholat dhuhur, makan siang, ‘n ngambil duit dari ATM ._. Makan siangnya di salah satu restoran steak di sana, dan semuanya Nagita yang nraktir! Habis selesai makan, gue, Febri, Uqi, dan Amany memisahkan diri dari yang lainnya, mau buru-buru ke Stasiun Senen. Berpamitan, saling mendoakan, lalu berpisah.

Nah, di sinilah awal mula pikiran gue kerasa agak mules. Pas nunggu KRL menuju Senen, kedengeran pemberitahuan yang menyebutkan bahwa KRL baru masuk stasiun Serpong. Gue mbatin, “Lah, berarti ini sama aja ngulangin perjalanan dari awal dong.” Rasa khawatir mulai dateng ke benak gue, tapi entah mengapa ngga bisa dikeluarin. Pikiran mules dalam diem.

Kereta pun datang, kami naik. Entahlah, tapi perjalanan yang satu ini rasanya sangat menyenangkan. Kami berempat mengobrol seadanya, becanda, dll sampe Stasiun Senen. Feel perjalanannya itu loh XD

Nah, sampe di Senen, ya begitulah. Bagian yang terlalu menyakitkan buat diceritain ._.

Intinya, kita ketinggalan kereta. Pasrah. Yeay!

Spontan gue, Amany, dan Uqi menghubungi ortu masing-masing. Febri terlihat sante-sante aja karena hapenya ngga bisa dipake ._. Panik? Jelas! Tapi mau nggak mau, sebisa mungkin gue nggak boleh kalihatan panik karena ada anak-anak lain di sini. Kalo gue kelihatan panik, gimana yg laen?

Setelah berdebat dan memastikan beberapa hal, akhirnya kami mengambil solusi : naik pesawat aja! Amany dan keluarganya di rumah yang ngurus pemesanan tiket pesawat. Gue nggak tau bakal jadi apa kita kalo Amany dan keluarganya nggak sebaik ini. Berhubung langit mulai gelap, kami buruan nyari taksi dan gowes ke Soekarno Hatta International Airport.

Di perjalanan, perlahan gue mulai nenangin diri. Bolak-balik gue nelpon rumah, minta maaf, minta didoain biar selamet. Gue juga buru-buru sms Azzam, cerita semuanya sambil misuh-misuh ke dia (ini sebenernya nggak baik, tapi lumayan bikin gregetan hilang perlahan ._.). Trus, ngeliat Amany yang biar panik tapi banyak solusi, Uqi yang kecil-kecil cabe rawit (sama sekali ngga kelihatan panik), sama Febri yang tetep ceria ‘n nggak berhenti becanda, bikin gue makin cepet tenang.

Sekitar jam enam sore sampe di bandara, kita berempat cooling down, santai-santai. Jadwal penerbangan masih jam sebelas malam menuju bandara Juanda. Kami sholat, gantian jaga barang, makan, ngobrol, ketawa-ketawa sendiri mengingat kejadian tadi siang. Satu hal, internet di bandara ini kenceng banget! Bahkan wi-fi Comlab building di IC gaada apa-apanya. Hahaha...

Kami boarding sekitar jam sembilan-an. Amany nggak ikut lagi, dia balik ke rumah dan melanjutkan perjalanannya besok pagi. Kami berpisah di depan gerbang boarding (atau apalah itu namanya, gue kan jarang2 ke bandara, jadi nggak paham gituan ._.). Berpamitan, saling mendoakan, lalu berpisah.

Berhubung gue jarang ke bandara dan nggak ngerti apa-apa, bahkan Febri baru pertama kali ini ke bandara, maka mulai saat ini Uqi lebih banyak memegang kendali. Kami berdua tinggal iya-iya aja, sampe akhirnya kami tiba di ruang tunggu pesawat. Penerbangan masih lama, kami nunggu sambil nyantai, ngobrol, dll. Kayaknya daritadi kok ngobrol mulu sih? Iya lah, di saat-saat kayak gini, mana ada kegiatan yang lebih asyik daripada ngobrol? Apalagi kalo mengingat-ingat kejadian tadi siang, yang bikin kita merasa antara nyesel dan pengen ketawa.

Setelah beberapa lama menunggu, ada pemberitahuan kalo ruang tunggu kami dipindah ke ruangan lain. Semua orang yang sudah menunggu di sana pindah ke ruangan yang dimaksud. Tak masalah. Beberapa saat kemudian, kami naik ke dalam pesawat, lalu lepas landas dari Jakarta.

Perjalanan pesawat Jakarta-Surabaya memakan waktu sekitar sejam. Dari awal pesawat lepas landas, uqi udah tidur di kursi pojok dekat jendela. Kelihatan banget muka lelahnya, yang mungkin sejak tadi berusaha ia sembunyikan. Febri masih asyik membuka-buka majalah, mainin layar yang ada di kursi depan, nyapa-nyapa pramugari yang lewat, dll. Katanya sih dia gak bakal tidur. Kayaknya anak ini sangat excited sama penerbangan pertamanya ._. Gue yang merasa bertanggung jawab di sini juga berusaha untuk tetep bangun buat ngejagain dua adek kelas yang paling gue sayangi ini *ekhem*.

Eeehh.... Tapi akhirnya gue ketiduran juga entah mulai kapan ._. Pas gue terbangun, perjalanan masih sekitar sepuluh menit lagi. Uqi masih tidur, Febri masih bangun.

Singkat cerita, dengan rahmat Allah Yang Maha Kuasa, kami pun mendarat di Bandara Juanda dengan selamat sentosa. Di sana, kami sudah ditunggu sama keluarganya Uqi. Ya, di tengah malam kayak gini, mereka berbaik hati mau menjemput kami dari Malang ke Surabaya. Malam ini gue sama Febri bakal ikut dulu ke Malang, menginap semalam di sana dan melanjutkan perjalanan ke Kediri keesokan harinya. Naik mobil dari bandara, sampe di rumah Uqi sekitar jam tiga dini hari. Gue dan Febri langsung tergeletak terkapar di atas kasur kamar tamu.

Paginya, gue terbangun jam setengah delapan pagi. Febri bangun setengah jam kemudian. Wajarlah kalo kesiangan, mengingat semua kejadian kemaren yang mau gak mau pasti udah nguras tenaga dan pikiran kami sampe ludes. Habis mandi dan sholat subuh (jelas kesiangan, ini parah banget emang -_-), kami sarapan bareng sekeluarganya Uqi. Sekali lagi, terjadi obrolan yang sangat hebat dan mengasyikkan di sini. Walaupun banyak menyinggung kejadian kemaren, tapi sama sekali nggak ada tanda-tanda kemarahan. Sarapan pagi yang sangat menyenangkan. Sayang sekali, ayahnya Uqi agak buru-buru karena ada jadwal ngajar.

Habis selesai sarapan, gue sama Febri buru-buru pamit. Entahlah, setelah semua kejadian konyol kemaren, perpisahan yang ini agak terasa berat bagi gue. Mungkin lebay, tapi emang berat ninggalin orang-orang yang udah melaui saat-saat sulit, meskipun hanya beberapa jam, bersamamu. Tapi, gue nggak mau lebih lama ngerepotin di sini. Lagian, ortu di Kediri pasti udah pada nungguin. Sebelum berangkat ke Terminal Landungsari, kami bertiga sempet foto dulu di depan rumah. Selesai foto-foto, gue dan Febri ngambil tas yang dah dikemasi dari tadi. Berpamitan, saling mendoakan, lalu berpisah.

Kami jalan kaki menuju terminal yang letaknya nggak jauh dari rumah Uqi. Sialnya, kami harus nunggu sekitar sejam sampai dapet bus jurusan Malang-Kediri. Mana pas masuk bus, kita udah nggak kebagian tempat duduk lagi. Oke, kami harus tetep berdiri dan berdesak-desakan bahkan sampe Kediri. Gue tetep menjaga posisi biar nggak jauh-jauh dari Febri. Perjalanan yang memakan waktu sekitar empat jam ini bakal gue habisin buat ngobrol macem-macem sama tuh anak. Kalo nggak, gue bisa mabuk darat dan muntah -_-

Tempat turun gue beda sama Febri. Dia turun duluan di Pare, sedangkan gue masih lanjut sampe Kediri Kota. Kasian si Febri. Pas sampe tempat turunnya, hujan di jalanan lagi deres-deresnya. Sebelum dia turun, kami sempat berjabat tangan. Berpamitan, saling mendoakan, lalu berpisah.

Singkat cerita, Alhamdulillah gue sampe di rumah dengan selamat, juga dengan banyak kisah, kenangan, pengalaman, dan pelajaran. Awal liburan yang sangat mengasyikkan! :D

NB : Saran gue buat para pembaca sekalian, JANGAN SAMPAI KETINGGALAN KERETA kecuali kalian lagi beruntung B)

1. This comment has been removed by the author.

2. Huaaaa febri gakenapa-napa kan? Turun ujan2an?:""" (sok perhatian banget)(eh seriusan) yang paling menyedihkan srbenarnya....gak ikutan ditraktir nagita. Sakit banget:(

3. Inget waktu telat kereta sama Zaenab, Cahyani, Lepi, dan kurang lebih 10 anak Jatmiko lainnya ._.
    Haha, kenangan broh~
    Tahun terakhir pulang bareng adek kelas yang (mungkin) terakhir juga pas kita di IC :""")

4. katanya si febri langsung sakit loh de ._.
    haha kasian banget, makanya jangan pulang duluan :p ohiya, aku nggak cerita di situ ya kalo kamu berpisah duluan ._.

5. waaw.. mengharukan kak :''

btw kakak jam 3 nyampe malang.. aku udah otw bandara lagi looh ;)